1. Dibawah ini adalah fungsi sistem
pelumasan kecuali .....
a. Untuk melumasi
bagian-bagian mesin yang bergesekan
b. Untuk membantu
meredam getaran mesin
c. Untuk membantu
pendinginan mesin
d. Untuk mencegah
terjadi karat pada komponen-komponen mesin
e. Untuk memperpanjang umur mesin
2. Komponen no.6 gambar sistem pelumasan disamping adalah ......
a.
Saluran oli
c.
Saringan oli
d.
Pompa oli
e.
Oli strainer
3. Komponen sistem pelumasan yang berfungsi
untuk menghisap dan menekan minyak pelumas ke bagian-bagian mesin yang
memerlukan pelumasan adalah ....
a. Saluran oli d. Pompa oli
b. Katup pengatur tekan e.
Oli strainer
c. Saringan oli
4. Komponen sistem pelumasan yang berfungsi
untuk mengatur agar minyak pelumas yang disalurkan ke mesin tidak berlebihan
pada saat putaran mesin tinggi.
a. Saluran oli d.
Pompa oli
b. Katup pengatur tekan e.
Oli strainer
c. Saringan oli
5. Komponen sistem pelumasan berfungsi untuk
mendeteksi bila tekanan kerja oli mesin di bawah spesifikasi melalui lampu
peringatan tekanan oli .....
a. Switch tekanan oli d.
Pompa oli
b. Katup pengatur tekan e.
Oli strainer c. Saringan oli
6. Komponen
no. 2 gambar pompa oli disamping adalah ....
d. Section
b.
Driven rotor e. Oil pump body
c. Discharge
7. Bagian dari saringan oli yang
berfungsisebagai tempat jalan aliran oli jika saringan oli tersumbat adalah
....
a. Drive rotor d.
Section
b. Driven rotor e.
Katup bypass
c. Discharge
8. Pada tabung oli terdapat tulisan
SAE, apa yang dimaksud SAE tsb
a. Society
of Automotive Engineers, suatu lembaga yang memberikan standard untuk
viskositas dari oli
b. Society of Automotive Engineers, suatu lembaga yang
memberikan standard untuk kualitas dari oli berupa SH/CD
c. Society of Automatic Engineers, suatu lembaga yang
memberikan standard untuk viskositas dari oli
d. Society of Automatic Engineers, suatu lembaga yang
memberikan standard untuk kualitas dari oli berupa SH/CD
9. Bahan adittif minyak pelumas yang berfungsi untuk
mencegah terjadinya endapan pada suhu tinggi adalah ....
a. Ditergen d.
Pour
point dipresent
b. Dispersant e.
Extrame pressure (EP)
c.
Viskositas indeximprovers
10. Bahan adittif
minyak pelumas yang berfungsi untuk mencegah kerusakan akibat gesekan logam
dengan logam adalah ....
a. Ditergen d.
Pour point dipresent
b. Dispersant e.
Extrame pressure (EP)
c. Viskositas indeximprovers
11. Adittif minyak
pelumas yang digunakan agar kekentalan minyak pelumas tidak banyak dipengaruhi
perubahan suhu adalah …….
a.
Anti oksidan d.
Pour point dipresent
b.
Dispersant e.
Corosion inhibitors
c.
Viskositas indeximprovers
12. Minyak pelumas
SAE 10 W – 30 maksudnya adalah ….
a. Minyak pelumas
dengan kekentalan 10 s.d 30
b. Minyak pelumas yang dapat digunakan
pada suhu 100C s.d. 300C
c. Minyak pelumas dengan kwalitas rendah
d. Minyak pelumas dengan kwalitas 10 point pada suhu –200C dan 30
point pada suhu 1000C
e. Minyak pelumas mesin dengan kekentalan 10 pada suhu –200C dan
kekentalan 30 pada suhu 1000C
13. Pernyataan dibawah ini yang benar tentang API adalah
....
a. American
Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk viskositas
dari oli
b. American Premium Institute, suatu lembaga yang memberikan
standard untuk viskositas dari oli
c. American
Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk kualitas dari
oli
d. Australia
Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk viskositas
dari oli
e. Australia
Petrolium Institute, suatu lembaga yang memberikan standard untuk kualitas dari
oli berupa SH/CD
14.
Pernyataan dibawah ini yang benar adalah
a. SAE
30 lebih kental dari SAE 50
b. SAE
50 lebih encer dari SAE 30
c. SAE
50 lebih encer dari SAE 90
d. Oli
dengan kualitas SG lebih bagus dari SH
e. Kwalitas Oli dengan SAE 30 sama dengan API 30
15. Apa yang dimaksud dengan ‘SYNTHETIC OIL’
a. Oli
yang terbuat dari mineral-mineral pada tumbuh-tumbuhan dan hewan
b. Oli yang terbuat dari mineral-mineral yang terdapat dari
dalam bumi
c. Oli yang telah ditambahkan aditif
d. Oli yang dipakai pada kendaraan lama
e. Oli yang banyak dipaka pada kendaraan roda empat atau
lebih
16. Mengapa pada mesin membutuhkan sistem pelumasan
a. Untuk menghindari keausan pada mesin
b. Mengurangi
nilai gesek atau koofisien gesek komponen mesin
c. Untuk
menambah akselerasi pada kendaraan
d. Untuk mempertahankan temperature kerja mesin
e. Agar mesin dapat berputar dalam waktu yang lama
17. Campuran
udara bahan bakar dan uap oli mengalir ke udara bebas sehingga dapat mengurangi
polusi adalah fungsi dari ...
a. Saringan oli c.
Saluran bypass
b. Saringan oli d. Exhause manifold c. Katup PVC
18. Aliran minyak
pelumas pelumasan pada mesin adalah ....
a. Carter
– filter – pompa – saluran pelumasan – komponen yang dilumasi – carter
b. Carter
– filter (strainer) – pompa – filter – saluran pelumasan – komponen yang
dilumasi – carter
c. Carter
– pompa – saluran pelumasan – komponen yang dilumasi – filter – carter
d. Carter
– pompa – saringan – saluran – komponen – filter – carter
e. Carter
– pompa – Saringan – katup bypass – komponen - carter
19. Apa yang menyebabkan lampu indicator oli
pada instrument menyala pada saat idle
dan mati pada saat di gas ….
a. Karena adanya kelebihan oli pada sistem pelumasan
b. Karena pompa pada minyak pelumasan ada masalah
c. Karena
temperature mesin masih dingin
d. Karena
viskositas oli sudah encer
e. Karena lampu indicator oli sudah rusak
20. Macam-macam
pelumasan pada mesin adalah ...
a. Sistem percik (splash system) dan sistem celup
b. Sistem aliran dan berat jenis
c. Sistem percik dan sistem tekanan
d. Sistem
penguapan dan tekanan
e. Sistem
tekan
21. Tekanan oli
pada sistem pelumasan mesin pada umumnya adalah ......
a. 2,0
s/d 5 bar c. 7 s/d 9 bar
b. 5 s/d 7 bar d. 9 s/d 12 bar c. 6 s/d 7 bar
22. Apakah yang menyebabkan oli berwarna
putih ….
a. Oli
bercampur bensin dan penyebabnya ring piston aus
b. Oli
bercampur air hal ini disebabkab karena terjadi kerusakan pada paking silinder
head
c. Oli
bercampur air hal ini disebabkan karena terjadi keausan pada ring piston
d. Oli
bercampur kotoran dari mesin
e. Oli sudah terlalu lama tiddak diganti
23. Oli mesin bisa
bertambah banyak sementara warna normal, padahal jumlah oli mesin tidak
ditambah. Apa kira-kira penyebabnya ….
a. Oli pada mesin bercampur dengan bahan bakar
b. Oli pada mesin bercampur dengan air
c. Oli pada mesin bercampur dengan kotoran diakibatkan seal
oli bocor
d. Oli tidak mengalir karena saringan kotor
e. Oli bercampur kotoran dari proses pembakaran mesin
24. Apa fungsi
dari oil cooler pada sistem pelumasan ....
a. Sebagai
pendingin oli transmisi
b. Untuk menghindari kekurangan oli pada sistem pelumasan
c. Untuk mencegah terjadinya aus pada crankshaft
d. Tempat pemisahan oli dengan air pendingin
e. Membantu mendinginkan oli mesin dengan bantuan udara luar
30. Fungsi sistem
PCV pada mesin adalah .....
a. Untuk menjaga
tekanan sistem pelumasan
b. Untuk mempertahankan tekanan sistem pelumasan
c. Untuk mengurangi uap oli
d. Untuk mengurangi polusi blow by gas
e. Untuk tempat sirkulasinya udara pada mesin
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteG
DeleteJawaban nya
ReplyDeleteJawaban nya
ReplyDeleteJawabannya mna
DeleteNomer 1 jawabannya apa?
ReplyDeleteJawaban nya mana bangsat
Delete1.B
ReplyDelete2.C
3.A
4.E
5.C
K
DeleteKunci jawaban semuanya mana
DeleteGk tau
Delete5-25
DeleteJawabnya mana
DeleteBetul gk anjing
DeleteJawabannya
DeleteBersertakan kunci jawaban
ReplyDeleteJawaban
DeleteY
Delete9.A
ReplyDeleteKunci jawaban
ReplyDeleteTolol
ReplyDeletebodoh kali anjim ngasih soal gk pake jawaban
ReplyDeletesaran ni ya buat blog jangan malas
kalau perlu pake essay test
Jawabannya mana ?
ReplyDeleteMana jawabannya
ReplyDeleteIy
ReplyDeleteJancok ga ada jwbnah goblok
ReplyDeleteNomer 7 jwban nya
ReplyDeleteJawabanya
ReplyDeleteJAWABANNYA MANA WOEEE TOLOLL
ReplyDeleteJawabannya
ReplyDeletekontol jwbnya manaaa
ReplyDeleteJawabnya mana
ReplyDelete