Friday, July 4, 2014

Wheel Alignment (Kelurusan Roda) CASTER

  CASTER
   Definisi Caster
 

Caster dapat didifinisikan :Kemiringan sumbu kemudi (king pin) terhadap garis tengah roda vertikal  jika dilihat dari samping kendaraan. Dia juga disebut sebagai sumbu kemudi.
Bila miringnya steering axis ke arah belakang disebut caster positif, sebaliknya kemiringan ke arah depan disebut caster negatif. Pada umumnya caster positif yang dipakai, karena menghasilkan kesetabilan kendaraan saat berjalan turun dan daya balik Kemudi setelah membelok. Jarak dari titik potong garis tengah steering axis dengan jalan ke titik pusat singgung ban dengan Jalan disebut trail.
Kegunaan caster :
* Memberikan kestabilan pada roda roda depan selama pengenderaan.
*Memberikan kemampuan mempertahankan arah roda -roda depan selama      pengendaraan.
*Untuk membantu control arah mobil, dengan cara memperbaiki arah roda depan ke    posisi lurus.
*Membantu roda depan untuk kembali ke posisi lurus setelah dibelokkan.
*Untuk mengimbangi efek dari road crown sesuai arah mobil.
*Beroperasi bersama sama dengan desain suspensi mobil, sudut camber dan  sudut kemiringan sumbu steering untuk menghasilkan perubahan camber yang diinginkan selama mobil berbelok.

Caster positif yang besar menyebabkan trail makin panjang dan daya balik kemudi makin besar. Akan tetapi kemudi cenderung menjadi lebih berat.
Caster negatif membuat kemudi ringan tetapi kesetabilan kendaraan saat berjalan lurus menjadi berkurang dan kemudi kurang dapat dikontrol.


No comments:

Post a Comment