Peran
suspensi sangatlah penting demi keselamatan pengendaranya, anda bisa merasakan
kondisi kendaraan nyaman atau tidak, bahkan anda kadang bisa merasa kesakitan
saat mengendarinya jika suspensi tidak bisa bekerja dengan normal. Selain itu
fungsi dari suspensi sendiri juga menjaga kompenen roda agar tetap awet dan stabil
terutama roda, bearing, juga komponen yang berdekatan dengannya.
Untuk merawat
suspensi sepeda motor anda bisa melihatnya lebih dulu apakah harus dirawat atau
masih layak, jika kendaraan yang dikendarai sudah tidak terasa nyaman atau
kerja suspensi terasa keras, maka anda bisa membawanya ke bengkel atau ahli
suspensi yang berpengalaman. Sesuai pengalaman yang pernah saya alami jika
suspensi tidak normal bisa diakibatkan dari oli didalam sudah berkurang,
gosong, juga tingkat kekentalannya menurun, maka sudah waktunya harus dibongkar
dan diganti dengan oli yang baru sesuai standartnya kendaraan
Gambar suspensi
Tingkat kekentalan oli didalam shockbreker motor baik pada posisi
shockbreker depan atau belakang ada waktu toleransinya. Maksudnya cairan oli
ini bisa berubah kekentalannya dalam jangka waktu pemakaian lama. Sebaiknya
ketika menginjak kilometer 40,000 km harus digantikan dengan oli shockbreker
yang baru pada suspensi depan. Harganya pun relatif murah sekitar 20-50 ribu
rupiah untuk sepasang suspensi/shockbreker depan. Sedang untuk suspensi
belakang biasanya, pada suspensi standart bawaan pabrik motor unfixable(tidak
bisa diperbaiki) maka sebaiknya diganti dengan yang baru ketika seal penahan
oli telah bocor). Untuk part ini memang lebih mahal biaya yang dikeluarkan
untuk menggantinya minimum 250 ribu untuk bebek dan berkisar hingga 1,5 juta
untuk motor sport . Namun keseimbangan dan daya redam dapat
kembali seperti motor baru, karena suspensi memegang peranan penting dalam hal
kestabilan berkendara selain ban. Terutama ketika suspensi berkerja dalam
kondisi motor membawa beban berat atau dari proses motor mulai jalan/
akselerasi, proses motor dalam kondisi kecepatan tinggi hingga akhir proses
deselerasi/ tingkat penurunan kecepatan sampai motor berhenti.
No comments:
Post a Comment