Wednesday, March 5, 2014

DIFFRENTIAL (GARDAN)

DIFFERENTIAL
Komponen kendaraan yang dikenal pada differential terdiri dari dua bagian yaitu : final gear dan differentialgear dan mempunyai fungsi sebagai berikut:



1.    Final gear


     Yang terdiri dari drive pinion dan ring gear,  dan berfungsi untuk memperbesar momen            dan meru-bah arah putaran sebesar 90ยบ.

 2.  Differential gear
  Yang terdiri dari side gear dan pinion  gear, dan berfungsi untuk membedakan  kecepatan        putar roda kiri dan kanan saat  membelok.
II.  FINAL GEAR
Saat ini final gear terdiri dari dua tipe :

1.  Hypoid bevel gear
Tipe ini digunakan pada kendaraan penggerak roda belakang, dimana drive pinion
terpasang offset deng-an garis tengah ring gear mempunyai keuntungan bunyi lebih halus
2.  Helical gear
Tipe ini digunakan pada kendaraan penggerak roda depan. Mempunyai keuntungan bunyi dan ge-taran lebih kecil dan moment dapat dipindahkan dengan lembut.

III. DIFFERENTIAL GEAR
Saat kendaraan membelok, jarak tempuh roda bagian dalam (A) lebih kecil dari jarak
tempuh ro-da bagian luar (B), dengan demi-kian roda bagian luar harus ber-putar lebih
cepat dari roda ba-gian dalam.
Bila roda-roda berputar dengan putaran yang sama, maka salah satu ban akan slip, yang
akan menyebabkan ban akan cepat aus. Untuk mengatasi hal ini di-perlukan differential
gear  dengan tujuan membedakan putaran roda.       
 IV. GAMBAR KOMPONEN DIFFRENTIAL
Nama-nama komponen diffrential (Gardan)
1.  Side bearing cap                            10.  Oil seal  
2.  Side bearing                                   11.  Flange yoke
3.  Backlash adjusting shim              12.  Pinion shaft
4.  Drive pinion shaft                           13.  Side gear
5.  Pinion depth adjusting shim        14.  Backlash thrust washer
6.  Drive pinion inner bearing            15.  Pinion gear
7.  Colapsible spacer                          16.  Ring gear
8.  Differential housing                       17.  Lock pin
9.  Drive pinion outer bearing            18.  Differential case

V.CARA KERJA DIFFERNTIAL
1. JALAN LURUS
        Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri dan kanan dengan rpm yang sama karena tahanan roda kiri dan kanan sama, sehingga menyebabkan putaran roda kiri dan kanan sama. 

2. JALAN BELOK KANAN
      Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri mengitari side gear kanan karena tahanan roda kanan lebih besar, sehingga menyebabkan putaran roda kiri lebih besar dari roda kanan. 


                                                                  
RPM A > B
 3. JALAN BELOK KIRI
          Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kanan mengitari side gear kiri karena tahanan roda kiri lebih besar, sehingga menyebabkan putaran roda kanan lebih besar dari roda kiri.  


·      Salah Satu Roda Masuk Lumpur
Saat salah satu roda masuk lumpur maka roda yang masuk lumpur terse-but mempunyai
tahanan yang kecil, dan menyebabkan sulitnya menge-luarkan roda dari lumpur.Roda yang
masuk lumpur akan berputar lebih cepat. 

VI. PERHITUNGAN

¬ Gear Ratio Diffrential

                                                   GR =   Jumlah gigi ring gear
                                                --------------------------------------------------
                                                    Jumlah gigi drive pinion


 Jumlah Putaran Ring Gear

            Rpm ring gear  =  rpm side gear kanan + rpm side gear kiri
                                          ------------------------------------------------------------

                                                                          2


Rpm ring gear
Rpm roda kiri
Rpm roda kanan
Total putaran roda kiri dan kanan
100
100
100
200
100
80
120
200
100
150
50
50
100
0
0
200

Soal :
v  Sebuah kendaraan mempunyai differential dengan jumlah gigi pada drive pinion adalah 15, dan pada ring gear adalah 60. Berapakah gear ratio differential, torsi pada roda jika torsi pada propeller shaft 20 kg.m, putaran pada roda sebelah kiri jika putaran propeller shaft 1000 rpm dan putaran pada roda kanan 100 rpm ?

  GR  =  60
          --------     =  4
           15

                         Torsi roda  =  4 x 20        = 80 kg.m

                                          Rpm  =  1000        

                                                       ---------        =   250 rpm
                                                           4

Rpm roda kiri  =  rpm total – rpm roda kanan  =  500 – 100 =  400 rpm



® Road Speed


                                                       Rpm x 2oR x 60

                                     V =            ------------------
                                                     1000 x TR x AR                                            

Dimana :

V          =  Road speed (km/jam)
Rpm    =  Putaran mesin
R         =  Jari-jari ban (m)
AR       =  Gear ratio differential
TR       =  Gear ratio transmisi

Soal :
v  Sebuah kendaraan dengan putaran mesin 2000 rpm, dan ukuran ban 6.00 S 14 4PR, dengan gear ratio differential 4,2, serta gear ratio trans-misi gigi 1 = 4,10, gigi 2 = 2,50, gigi 3 = 1,50, gigi 4 = 1,00, gigi 5 = 0,85, gigi mundur = 3,70. Berapakah road speed gigi 1,2,3,4,5 dan mundur ?

Jawab :

D  =  26 inchi
R  =  D : 2  =  26 : 2  = 13 inchi  =  13 x 2,54  =  33 cm  =  0,33 m

                        2000 x 2(3,14)0,33 x 60                248688 
    V1  =      ------------------------------------     =  -------------     =  14,4 km/jam
                        1000 x 4,1 x 4,2                               17220 

                     2000 x 2(3,14)0,33 x 60             248688  
 V2  =   -----------------------------------  =      --------------          =  23,7 km/jam
                      1000 x 2,5 x 4,2                          10500 

                    2000   x 2(3,14)0,33 x 60           248688  
 V3  =   -----------------------------------  =      --------------          =  39,5  km/jam
                    1000 x 1,5 x 4,2                           6300 

                    2000 x 2(3,14)0,33 x 60              248688 
 V4  =   -----------------------------------  =      --------------          =  59,2  km/jam
                     1000 x 1 x 4,2                             4200 

                 2000 x 2(3,14)0,33 x 60            248688  
 V5  =   -----------------------------------  =      --------------          =  69,7  km/jam
                   1000 x 0,85 x 4,2                       3570 

                     2000 x 2(3,14)0,33 x 60            248688    
 Vrev  =   -----------------------------------  =      --------------          =  16 km/jam
                   1000 x 3,7 x 4,2                           15540 





No comments:

Post a Comment