DIFFERENTIAL
Komponen kendaraan yang dikenal pada differential terdiri dari dua bagian yaitu : final gear dan differentialgear dan mempunyai fungsi sebagai berikut:
1. Final gear
1. Final gear
2. Differential gear
Yang terdiri dari side gear dan pinion gear, dan berfungsi untuk membedakan kecepatan putar roda kiri dan kanan saat membelok.
II. FINAL GEAR
Saat ini final
gear terdiri dari dua tipe :
1. Hypoid bevel gear
Tipe ini digunakan
pada kendaraan penggerak roda belakang,
dimana drive pinion
2. Helical gear
Tipe ini digunakan
pada kendaraan penggerak roda depan. Mempunyai keuntungan bunyi dan ge-taran lebih kecil dan moment dapat dipindahkan dengan lembut.
III. DIFFERENTIAL GEAR
Saat kendaraan membelok, jarak tempuh
roda bagian dalam (A) lebih kecil dari jarak
tempuh ro-da bagian luar (B),
dengan demi-kian roda bagian luar harus ber-putar lebih
cepat dari roda ba-gian dalam.
Bila roda-roda berputar dengan putaran
yang sama, maka salah satu ban akan slip, yang
akan menyebabkan ban akan cepat aus. Untuk mengatasi hal ini di-perlukan
differential
gear dengan tujuan membedakan putaran roda.
IV. GAMBAR KOMPONEN DIFFRENTIAL
Nama-nama komponen diffrential (Gardan)
1. Side bearing cap 10. Oil
seal
2. Side bearing 11. Flange
yoke
3. Backlash adjusting shim 12. Pinion
shaft
4. Drive pinion shaft 13. Side
gear
5. Pinion depth adjusting shim 14.
Backlash thrust washer
6. Drive pinion inner bearing 15. Pinion
gear
7. Colapsible spacer 16. Ring
gear
8. Differential housing 17. Lock
pin
9. Drive pinion outer bearing 18. Differential
case
V.CARA KERJA DIFFERNTIAL
1. JALAN LURUS
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri dan kanan dengan rpm yang sama karena tahanan roda kiri dan kanan sama, sehingga menyebabkan putaran roda kiri dan kanan sama.
2. JALAN BELOK KANAN
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri mengitari side gear kanan karena tahanan roda kanan lebih besar, sehingga menyebabkan putaran roda kiri lebih besar dari roda kanan.
RPM A > B
3. JALAN BELOK KIRI
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kanan mengitari side gear kiri karena tahanan roda kiri lebih besar, sehingga menyebabkan putaran roda kanan lebih besar dari roda kiri.
VI. PERHITUNGAN
1. JALAN LURUS
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri dan kanan dengan rpm yang sama karena tahanan roda kiri dan kanan sama, sehingga menyebabkan putaran roda kiri dan kanan sama.
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri mengitari side gear kanan karena tahanan roda kanan lebih besar, sehingga menyebabkan putaran roda kiri lebih besar dari roda kanan.
RPM A > B
3. JALAN BELOK KIRI
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kanan mengitari side gear kiri karena tahanan roda kiri lebih besar, sehingga menyebabkan putaran roda kanan lebih besar dari roda kiri.
·
Salah Satu Roda Masuk Lumpur
Saat
salah satu roda masuk lumpur maka roda yang masuk lumpur terse-but mempunyai
tahanan yang kecil, dan menyebabkan
sulitnya menge-luarkan roda dari lumpur.Roda yang
masuk lumpur akan berputar lebih cepat.
¬ Gear Ratio Diffrential
GR = Jumlah gigi ring gear
--------------------------------------------------
Jumlah
gigi drive pinion
Jumlah Putaran Ring Gear
Rpm ring gear = rpm
side gear kanan + rpm side gear kiri
------------------------------------------------------------
2
Rpm ring gear
|
Rpm roda kiri
|
Rpm roda kanan
|
Total putaran roda kiri dan kanan
|
100
|
100
|
100
|
200
|
100
|
80
|
120
|
200
|
100
|
150
|
50
|
50
|
100
|
0
|
0
|
200
|
Soal :
v Sebuah
kendaraan mempunyai differential dengan jumlah gigi pada drive pinion adalah
15, dan pada ring gear adalah 60. Berapakah gear ratio differential, torsi pada
roda jika torsi pada propeller shaft 20 kg.m, putaran pada roda sebelah kiri
jika putaran propeller shaft 1000 rpm dan putaran pada roda kanan 100 rpm ?
GR = 60
-------- = 4
-------- = 4
15
Torsi roda
= 4 x 20 = 80 kg.m
Rpm = 1000
---------
= 250 rpm
4
Rpm roda kiri = rpm
total – rpm roda kanan = 500 – 100 = 400 rpm
® Road Speed
Rpm x 2oR x 60
V = ------------------
1000 x TR x
AR
Dimana :
V =
Road speed (km/jam)
Rpm =
Putaran mesin
R =
Jari-jari ban (m)
AR =
Gear ratio differential
TR =
Gear ratio transmisi
Soal :
v Sebuah
kendaraan dengan putaran mesin 2000 rpm, dan ukuran ban 6.00 S 14 4PR, dengan
gear ratio differential 4,2, serta gear ratio trans-misi gigi 1 = 4,10, gigi 2
= 2,50, gigi 3 = 1,50, gigi 4 = 1,00, gigi 5 = 0,85, gigi mundur = 3,70.
Berapakah road speed gigi 1,2,3,4,5 dan mundur ?
Jawab :
D = 26 inchi
R = D : 2
= 26 : 2 = 13 inchi = 13 x 2,54 = 33
cm = 0,33 m
2000
x 2(3,14)0,33 x 60 248688
V1
= ------------------------------------ =
------------- =
14,4 km/jam
1000 x
4,1 x 4,2
17220
2000 x
2(3,14)0,33 x 60 248688
V2
= ----------------------------------- =
-------------- = 23,7 km/jam
1000 x 2,5 x
4,2
10500
2000 x
2(3,14)0,33 x 60 248688
V3
= ----------------------------------- =
-------------- = 39,5
km/jam
1000 x 1,5 x 4,2
6300
2000 x 2(3,14)0,33 x 60
248688
V4
= ----------------------------------- =
-------------- = 59,2
km/jam
1000 x 1 x 4,2
4200
2000 x 2(3,14)0,33 x 60
248688
V5
= ----------------------------------- =
-------------- = 69,7
km/jam
1000 x 0,85 x 4,2 3570
2000 x 2(3,14)0,33 x 60
248688
Vrev
= ----------------------------------- =
-------------- = 16 km/jam
1000 x 3,7 x 4,2
15540
No comments:
Post a Comment