SOAL LANJUTAN KOMPONEN MESIN NO 11 - 20
11. Pernyataan
mana yang benar dari “PERBANDINGAN KOMPRESI” dibawah ini
a. Perbandingan
kompresi = Volume silinder + volume ruang bakar
Volume
ruang bakar
b. Perbandingan
kompresi = Volume silinder + volume ruang bakar
Volume
silinder
c. Perbandingan
kompresi = Volume silinder
Volume ruang bakar
d. Perbanding kompresi = Volume ruang
bakar
Volume silinder
12. Apa
yang dimaksud dengan “displacement/CC” dari suatu mesin
a. Volume
silinder dikalikan dengan jumlah silinder dari mesin tsb
b. Volume
silinder ditambah volume ruang bakar
c. Volume
dalam Centimetre Cubic
d. Volume
silinder
13. Apa
yang dimaksud dengan DOHC, 16 valve
untuk mesin 4 silinder
a. Penggerak
katup dengan camshaft di kepala silinder, 1 katup isap dan 1 katup buang.
b. Penggerak
katup dengan camshaft di kepala silinder, 8 katup isap dan 8 katup buang.
c. Penggerak
katup dengan 2 camshaft di kepala silinder, 8 katup isap dan 8 katup buang.
d. Penggerak
katup dengan 2 camsahft di kepala silinder , 16 katup isap dan 16 katup buang.
14. Dibawah ini merupakan fungsi dari camshaft
a. Merubah gerakan lurus torak menjadi gerak putar dengan
perantaraan batang torak.
b. Sebagai pengerak distributor, pompa bensin dan katup
c. Pemindah tenaga dari poros engkol ke water pump
d. Pernyataan A dan C benar
15. Fungsi
crankshaft adalah
a. Merubah gerakan lurus torak menjadi gerak putar dengan
perantaraan batang torak.
b. Sebagai dudukan metal jalan dan metal duduk
c. Membuka dan menutup katup sesuai dengan diagram katup
d.
Semua pernyataan diatas salah
16. Fungsi
piston adalah
a. Menghisap, mengkompresi gas baru, menerima tekanan
pembakaran dan mendorong gas sisa pembakaran.
b. Mengubah tekanan hasil pembakaran menjadi gaya dorong
pada batang torak yang diteruskan ke crankshaft.
c. Membantu pencampuran bahan bakar dan udara didalam
silinder.
d.
Semua pernyataan diatas benar
17. Fungsi cincin kompresi
pada piston adalah
a. Sebagai perapat antara torak dan silinder agar tidak
terjadi kebocoran gas dari ruang bakar ke ruang poros engkol.
b. Memindahkan panas torak ke dinding silinder.
c. Sebagai penyekat oli agar tidak masuk ke ruang bakar.
d.
Semua pernyataan diatas benar
18. Fungsi
cincin oli pada piston adalah
a.
Sebagai tempat dudukan dari poros engkol
b.
Membantu meningkatkan tekanan kompresi
c.
Mengikis kelebihan oli pada dinding
silinder, membentuk lapisan oli tipis dan merata pada dinding silinder agar
dinding silinder tidak cepat aus.
d. Mempertahankan jarak piston dengan dinding silinder
19. Fungsi
Connecting Rod adalah
a. Menghubungkan torak dan poros engkol.
b.
Tempat dudukan dari torak
c.
Merubah gerak lurus torak menjadi gerak
putar pada poros engkol.
d.
Semua pernyataan diatas benar.
20. Dibawah ini merupakan fungsi dari silinder blok
a.
Kedudukan silinder, silinder head dan
crankshaft
b.
Sebagai rongga air pendingin yang akan
mendinginkan mesin
c.
Sebagai tempat dari cincin torak dan
connecting rod
No comments:
Post a Comment