Thursday, March 13, 2014

SOAL LANJUTAN KOMPONEN MESIN NO 11 - 20

SOAL LANJUTAN KOMPONEN MESIN NO 11 - 20

11.  Pernyataan mana yang benar dari “PERBANDINGAN KOMPRESI” dibawah ini

a.    Perbandingan kompresi        =  Volume silinder + volume ruang bakar
                                                            Volume ruang bakar
b.    Perbandingan kompresi        =  Volume silinder + volume ruang bakar
                                                Volume silinder             
c.     Perbandingan kompresi        =  Volume silinder
                                                    Volume ruang bakar
d.   Perbanding kompresi            =  Volume ruang bakar
                                                    Volume silinder 
12.  Apa yang dimaksud dengan “displacement/CC” dari suatu mesin
a.    Volume silinder dikalikan dengan jumlah silinder dari mesin tsb
b.    Volume silinder ditambah volume ruang bakar
c.     Volume dalam Centimetre Cubic
d.    Volume silinder
13.  Apa yang dimaksud dengan DOHC, 16 valve  untuk mesin 4 silinder
a.    Penggerak katup dengan camshaft di kepala silinder, 1 katup isap dan 1 katup buang.
b.    Penggerak katup dengan camshaft di kepala silinder, 8 katup isap dan 8 katup buang.
c.     Penggerak katup dengan 2 camshaft di kepala silinder, 8 katup isap dan 8 katup buang.
d.    Penggerak katup dengan 2 camsahft di kepala silinder , 16 katup isap dan 16 katup buang.

14.  Dibawah ini merupakan fungsi dari camshaft
a.    Merubah gerakan lurus torak menjadi gerak putar dengan perantaraan batang torak.
b.    Sebagai pengerak distributor, pompa bensin dan katup
c.     Pemindah tenaga dari poros engkol ke water pump
d.    Pernyataan  A dan C benar
15.  Fungsi crankshaft adalah
a.    Merubah gerakan lurus torak menjadi gerak putar dengan perantaraan batang torak.
b.    Sebagai dudukan metal jalan dan metal duduk
c.     Membuka dan menutup katup sesuai dengan diagram katup
d.    Semua pernyataan diatas salah
16.  Fungsi piston adalah
a.    Menghisap, mengkompresi gas baru, menerima tekanan pembakaran dan mendorong gas sisa pembakaran.
b.    Mengubah tekanan hasil pembakaran menjadi gaya dorong pada batang torak yang diteruskan ke crankshaft.
c.     Membantu pencampuran bahan bakar dan udara didalam silinder.
d.    Semua pernyataan diatas benar
17.  Fungsi cincin kompresi  pada piston adalah
a.    Sebagai perapat antara torak dan silinder agar tidak terjadi kebocoran gas dari ruang bakar ke ruang poros engkol.
b.    Memindahkan panas torak ke dinding silinder.
c.     Sebagai penyekat oli agar tidak masuk ke ruang bakar.
d.    Semua pernyataan diatas benar
18.  Fungsi cincin oli pada piston adalah
a.    Sebagai tempat dudukan dari poros engkol
b.    Membantu meningkatkan tekanan kompresi
c.     Mengikis kelebihan oli pada dinding silinder, membentuk lapisan oli tipis dan merata pada dinding silinder agar dinding silinder tidak cepat aus.
d.    Mempertahankan jarak piston dengan dinding silinder
19.  Fungsi Connecting Rod adalah
a.    Menghubungkan torak dan poros engkol.
b.    Tempat dudukan dari torak
c.     Merubah gerak lurus torak menjadi gerak putar pada poros engkol.
d.    Semua pernyataan diatas benar.
20.  Dibawah ini merupakan fungsi dari silinder blok
a.    Kedudukan silinder, silinder head dan crankshaft
b.    Sebagai rongga air pendingin yang akan mendinginkan mesin
c.     Sebagai tempat dari cincin torak dan connecting rod
d.    Sebagai dudukan katup dan mekanismenya

SOAL LANJUTAN KOMPONEN MESIN NO 21 - 40

No comments:

Post a Comment