Thursday, March 13, 2014

SOAL LANJUTAN KOMPONEN MESIN NO 20 - 40

SOAL LANJUTAN KOMPONEN MESIN NO 20 - 40

21.  Fungsi silinder head adalah
a.    Untuk menutup blok silinder dab sebagai tutup ruang bakar.
b.    Sebagai dudukan dari katup-katup, busi, injektor, camshaft.
c.     Sebagai saluran air pendinginan dan pelumasan.
d.    Semua pernyataan diatas benar
22.  Dibawah ini merupakan fungsi katup masuk adalah
a.    Sebagai pengatur langkah pengisian
b.    Sebagai pintu (membuka dan menutup) untuk pemasukan gas baru yang masuk ke dalam silinder.
c.     Komponen pencampur udara dan bahan bakar
d.    Sebagai pembatas masuknnya masuknya campuran udara dan bahan bakar
23.  Dibawah ini merupakan keuntungan dari sistem katup self adjuster (HVA)
a.    Perawatan lebih mudah.
b.    Tenaga untuk menggerakkan katup kecil
c.     Lebih hemat bahan bakar
d.    Semua pernyataan diatas benar
24.  Pernyataan dibawah ini yang merupakan fungsi dari “FLYWHEEL” adalah
a.    Sebagai penyimpan energi mesin hasil pembakaran
b.    Sebagai penerus mesin ke power train
c.     Sebagai penyeimbang putaran mesin
d.    Sebagai dudukan transmisi
25.  Dibawah ini merupakan fungsi katup buang
a.    Sebagai pengatur langkah pengisian
b.    Sebagai pintu (membuka dan menutup) untuk mengeluarkan gas buang sisa pembakaran
c.     Sebagai pembatas masuknya campuran udara dan bahan bakar
d.    Sebagai pengatur langkah pengisian
26.  Fungsi metal duduk dan jalan pada mesin adalah
a.    Untuk melindungi keausan komponen pada mesin yang saling bergesekan.
b.    Untuk mendinginkan poros engkol (menghindari panas pembakaran)
c.     Sebagai pelumasan pada poros engkol
d.    Pernyataan diatas salah
27.  Macam-macam penggerak camshaft pada mesin adalah
a.    Timing chain dan timing belt
b.    Timing gear, timing chain dan timing belt
c.     SOHC, DOHC dan side camshaft
d.    Pernyataan diatas salah
28.  Dibawah ini merupakan fungsi daripada “COMBUSTION CHAMBER”
a.    Ruang memudahkan terjadinya pembakaran dan perambatannya
b.    Ruang pencampur bahan bakar dan udara
c.     Ruang penyimpan tekanan hasil pembakaran
d.    Ruang tekanan kompresi dan kompensasi
29.  Komponen pada mesin yang berfungsi mengkompressikan campuran bahan bakar dan udara adalah
a.    Poros engkol                                    b. Cam shaft                 
c.    Piston                                             d. Rocker Arm
30.  Diameter torak yang terbesar terdapat pada
a.    Torak bagian atas
b.    Torak bagian bawah                                                            
c.     Torak bagian bawah yang tegak lurus terhadap sumbu pena torak

d.    Torak bagian bawah yang sejajar dengan sumbu pena torak.
31. 


Pada diagram katup diatas
a.    Besar sudut pembukaan katup isap = 240 °, overlap katup = 10° dan besar sudut pembukaan katup buang = 180°
b.    Besar sudut pembukaan katup isap = 180 °, overlap katup = 20° dan besar sudut pembukaan katup buang = 180°
c.     Besar sudut pembukaan katup isap = 240 °, overlap katup = 20° dan besar sudut pembukaan katup buang = 240°
d.    Besar sudut pembukaan katup isap = 120 °, overlap katup = 20° dan besar sudut pembukaan katup buang = 240°
32. 32. Macam-macam silinder liner adalah
a.   Silinder basah dam silinder kering
b.   Silinder aluminium dan silinder baja
c.   Silinder tabung dan silinder semi tabung
d.   Silinder kering dan semi kering
33.  Diagram katup adalah
a.    Diagram yang mengambarkan proses kerja dari katup.
b.    Diagram yang mengambarkan bahan dari katup.
c.     Diagram yang mengambarkan sudut dari letak katup.
d.    Diagram yang mrnggambarkan kerja dari katup
34.  Mengapa diagram katup perlu diatur
a.    Karena disesuaikan dengan urutan langkah kerja piston
b.    Karena dibutuhkan untuk pembakaran
c.     Karena disesuaikan dengan firing order dari engine
d.    Karena terdiri dari beberapa buah katup 
35.  Apa yang dimaksud dengan “overlapping” pada katup
a.    Saat kedua katup menutup
b.    Saat katup buang mulai membuka
c.     Saat kedua katup awal membuka
d.    Semua pernyataan diatas salah
36. Yang dimaksud “OVER SQUARE STROKE ENGINE” adalah
a.   Diameter silinder lebih besar dari langkah piston
b.   Langkah piston lebih kecil dari diameter silinder
c.   Langkah piston sama dengan diameter silinder
d.   Diameter silinder lebih kecil dari langkah piston.
37. Yang dimaksud “LONG STROKE ENGINE” adalah
a.   Diameter silinder lebih besar dari langkah piston
b.   Langkah piston lebih kecil dari diameter silinder
c.   Langkah piston sama dengan diameter silinder
d.   Diameter silinder lebih kecil dari langkah piston.
38. Yang dimaksud “SQUARE STROKE ENGINE” adalah
a.   Diameter silinder lebih besar dari langkah piston
b.   Langkah piston lebih kecil dari diameter silinder
c.   Langkah piston sama dengan diameter silinder
d.   Diameter silinder lebih kecil dari langkah piston.
39. Mengapa celah katup disetel
a.   Supaya saat pembukaan dan penutupan katup lebih tepat
b.   Supaya tidak terjadi tumbukan pada silinder head
c.   Supaya asap kendaraan berwarna putih
d.   Semua pernyataan diatas benar
40. 

Firing order pada gambar diagram kotak katup diatas adalah
a.   1 - 3 - 4 - 2
b.  1 - 3 - 2 - 4
c.  1 - 2 - 3 - 4
d.   1 - 4 - 3 - 2




No comments:

Post a Comment