Thursday, March 6, 2014

SOAL OTOMOTIF 2

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

TRY OUT UJIAN NASIONAL TEORI KEJURUAN

 

LEMBAR SOAL


Sekolah                                 : SMK MALAKA  Jakarta
Program Keahlian                    : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Hari / Tanggal                        : ......................................
Waktu                                    : 08.00 – 10.00 (120 Menit)

PETUNJUK UMUM

1.     Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian pada lembar jawaban yang disediakan !
2.     Periksa dan baca soal-soal sebelum anda menjawabnya
3.     Jumlah soal sebanyak 40 pilihan ganda setiap butir soal terdiri dari 5 (lima) pilhan jawaban dan terdiri dari 5 (lima) soal essay
4.     Laporkan kepada pengawas ujian kalau terdapat tulisan yang kurang jelas rusak atau jumlah soal kurang.
5.     Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian kalau diperlukan.
6.     Periksa kembali pekerjaan anda sebelum  diserahkan kembali kepada pengawas ujian.
7.     Tidak diizinkan membawa buku atau catatan dalam bentuk apapun

Pilihlah salah satu jawaban dibawah ini yang dianggap benar!

1.     Pada sistem pengapian elektonik yang berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik ke kumparan primer coil adalah:
A. Contact Point                           D. Transistor
B.  Condensor                               E. Resistor
C.  Distributor
2.      Jika celah platina terlalu sempit maka akan menimbulkan besarnya api berkurang karena:
A.                   celah platina sempit kemagnetan coil hilang sehingga api kecil
B.                   celah platina sempit kemagnetan coil lama sehingga coil panas api kecil
C.                   celah platina sempit arus mengalir kecil sehingga api kecil
D.                   celah platina sempit kemagnetan coil terlalu kecil
E.                    celah platina sempit platina tidak membuka 
3.      Fungsi ekternal resistor pada sistem pengapian adalah
A.    Menghambat arus listrik ke busi
B.     Menahan aliran tegangan tinggi
C.     Menstabilkan arus masuk ke coil sekunder pada saat putaran tinggi
D.    Mengurangi kemagnetan pada coil sekunder pada saat platina membuk
E.     Mengurangi penurunan tegangan kumparan coil primer pada putaran tinggi
4.      Penurunan tegangan pada saat start terjadi disebabkan oleh
A.    Tegangan lebih banyak masuk ke coil primer
B.     Tegangan lebih banyak masuk ke kumparan sekunder
C.     Tegangan lebih banyak masuk ke distributor
D.    Tegangan lebih banyak masuk ke motor starter
E.     Tegangan lebih banyak masuk ke solenoid
5.      Fungsi kondensor adalah sebagai berikut, kecuali :
A.     Menghilangkan atau mencegah terjadi loncatan bunga api listrik pada permukaan platina
B.     Menghilangkan atau mencegah terjadi loncatan bunga api listrik pada permukaan platina ketika platina menutup
C.     Mempercepat menghilangnya tegangan induksi kumparan primer dengan cara menyerap arus induksi tersebut
D.    Menghilangkan atau mencegah terjadi loncatan bunga api listrik pada permukaan platina ketika platina terbuka
E.     Menghasilkan tegangan tinggi pada busi
6.     Rangkaian seri mempunyai karakteristik :
A.    Tahanan total selalu lebih kecil dari tahanan yang terkecil
B.     Arus total merupakan penjumlahan dari arus yang melewati tiap-tiap tahanan
C.     Arus yang mengalir pada tiap-tiap tahanan sama
D.    Tegangan sumber adalah hasil pengalian tegangan-tegangan jatuh
E.     Tegangan pada rangkaian seri sama besar pada setiap titik rangkaian
7.      Berapa daya listrik yang diperlukan jika bersarnya tahanan lampu  6Ω dan arus yang mengalir pada rangkaian sebesar 3A ?
A. 48 W
B.  54 W
C.  18 W
D. 36 W
E.  12 W
8.      Terminal 50 pada solenoid motor starter dihubungkan ke:
A.    IG kunci kontak
B.     Sekring
C.     ST Kunci kontak
D.    Terminal 30
E.     ACC kunci kontak
 9.     Kumparan yang ada pada solenoid adalah:
A.    kumparan primer dan sekunder
B.     Pull in coil dan hold in coil
C.     Pull in coil dan solenoid
D.    Hold in coil dan primer
E.     Pull in coil dan sekunder
12.      Data spesifikasi ban 195/70 HR 14. angka 195 diatas adalah:
A. Lebar ban                               D. Lebar pelek/rim
B. Tinggi ban                              E. Ban radial
C. Ban Radial
13.  Fungsi dari main switch pada motor starter adalah
A.    memutarkan motor
B.     membangkitkan magnet di solenoid
C.     menghubungkan terminal C dengan terminal 30
D.    menghubungkan terimnal 50 dengan kunci kontak
E.     menghubungkan terminal C dengan armature
14.  Bagian yang mengasilkan magnet pada unit motor starter sehingga memutarkan armature adalah:
A.    solenoid
B.     pull in coil
C.     hold in coil
D.    field coil
E.     armature coil
15.  Untuk mencegah agar putaran armature tidak berlebihan ketika mesin sudah hidup maka pada starter dilengkapi dengan:
A.    drive lever
B.     solenoid
C.     field coil
D.    armature coil
E.     over running cluth
16.  Brush atau sikat berfungsi untuk..............
A.    menhubungkan arus listrik ke contact point
B.     menghubungkan arus listrik ke terminal C dan terminal 50
C.     Mengalirkan arus listrik dari field coil ke armature ke massa
D.    Mengalirkan arus dari armature ke field coil ke terminal C
E.     Mengalirkan arus listrik ke solenoid
17.  Pada motor starter reduksi antara pinion gear dan drive gear dihubungkan dengan:
A.    pinion gear
B.     cluth gear
C.     ring gear
D.    idle gear
E.     sun gear
18.  Pada saat melakukan pemeriksan armature maka untuk mengetahui kondisi armatuer coil masih  bagus   maka probe (+) dan (-) AVO meter dihubungkan antara:
A.    Komutator dengan bodi ada hubungan
B.     Komutator dengan bodi tidak ada hubungan antara komutator tidak ada
C.     Komutator dengan bodi ada hubungan dan anatara komtator tidak ada
D.    Komutator dengan bodi tidak berhubungan antar komutator berhubungan
E.     Komutator dan bodi tidak ada hubungan semua
19.  Fungsi dari pinion gear pada motor starter adalah:
A.    memutarkan armature
B.     memutarkan ring gear
C.     memagnetkan armature
D.    memagnetkan solenoid
E.     menggerakkan drive lever
20.  Pada saat menguji solenoid motor starter ternyata plunger tidak bergerak sama sekali, maka kemungkinan penyebab utamanya adalah:
A.    keruskan pada kontak plate
B.     hold in coil rusak
C.     pull in coil rusak
D.    terminal C rusak
E.     kerusakan drive lever
21.  Cara kerja thermostat saat temperatur dingin adalah :
A.    Thermostat tertutup aliran air menuju radiator terputus
B.     Thermostat tertutup aliran air menuju mesin terputus
C.     Thermostat tertutup aliran air menuju radiator terbuka
D.    Thermostat tertutup aliran air mesin terbuka
E.     Thermostat tertutup aliran air menuju reservoir
22. Keuntungan IC Regulator dibandingkan dengan Regulator tipe kontak point adalah sebagai berikut :
A.    Tahan terhadap getaran dan tahan lama
B.     Tegangan output lebih stabil
C.     Tegangan output lebih besar
D.    Tahanan kumparan rotor lebih kecil sehingga arus dapat diperbesar
E.     Tahanan kumparan rotor   
23. Pada saat kita menggeser kunci kontact “ON” dan mesin belum hidup lampu CHG menyala, kemudian “START” dan mesin hidup, lampu CHG mati sebagai tanda pengisian berjalan. Penyebab lampu CHG mati adalah:
A.    Tegangan Netral memagnetkan voltage relay dan mematikan lampu
B.     Tegangan yang keluar dari baterei mematikan lampu
C.     Pada saat mesin hidup tegangan N altrenator mengisi ACCU.
D.    Tegangan yang masuk dari alternator tidak cukup untuk menyalakan lampu
E.     Voltage regulator kekurangan tegangan
24.   Secara prinsip kerja mesin dibedakan menjadi 3 macam, antara lain
a.    Mesin 2 tak, mesin 4 tak dan mesin wankel
b.    Mesin diesel, mesin bensin dan mesin kaizen
c.     Mesin in line, V line dan Boxer
d.    Mesin diesel, mesin bensin dan mesin genset
25.    Perbedaan mesin yang umum digunakan jika ditinjau dari bahan bakarnya
a.    Solar, bensol dan bensin
b.    Bensin, diesel dan alkohol
c.     Mesin wankel, mesin diesel dan mesin kapal
d.    Solar, bensin dan gas
26.    Perbedaan mesin bensin jika dilihat dari sistem bahan bakarnya
a.    Sistem injeksi dan sistem karburator
b.    L Jetronik, Motronik dan Ultrasonic
c.     Internal combustion dan external combustion
d.    Sistem injeksi, turbolensi dan spark
27.    Dibawah ini merupakan bentuk dan konfigurasi engine
a.    Mesin In line, V line dan DOHC
b.    Mesin In Line, Boxer
c.     Mesin In Line, V Line, boxer dan star (radial)
d.    SOHC dan DOHC
28.    Pernyataan dibawah ini merupakan  dasar kerja mesin  4 Tak
a.    Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menghasilkan 1 kali usaha
b.    Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menghasilkan 4 kali usaha
c.     Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan 1 kali usaha .d.    Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan 2 kali usaha
29.    Pernyataan dibawah ini merupakan dasar kerja mesin 2 tak
a.    Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan 2 kali usaha
b.    Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menghasilkan 1 kali usaha
c.     Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan 1 kali usaha
d.    Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menhasilkan 4 kali usaha
30.    Dibawah ini merupakan perbedaan mesin jika dilihat dari mekanisme katup
a.    Mesin dengan katup disetel dan self adjuster (HVA)
b.    SOHC dan DOHC
c.     Over Head Valve (OHV) dan side valve
d.    Semua pernyataan diatas salah
31.    Keuntungan mesin yang menggunakan sistem DOHC (multi valve)
a.    Pengisian lebih baik pada putaran tinggi sehingga tenaga dapat ditingkatkan/dipertahankan
b.    Pembakaran lebih sempurna karena letak sparkplug terletak ditengah
c.     Tidak berisik dan katup selalu bersih
d.    Pernyataan A dan C benar
 32.    Mengapa tekanan kompresi pada mesin bisa terjadi
a.    Karena adanya piston dan silinder
b.    Karena adanya ruangan tertutup
c.     Karena adanya langkah pengecilan ruangan tertutup
d.    Semua pernyataan diatas benar
33.  Pilihlah pernyataan tentang “tekanan kompresi” dibawah ini yang paling benar
a.    Tekanan dari hasil pengecilan volume, memperbesar suhu dan menciptakan turbolensi.
b.    Tekanan yang terjadi pada mesin akibat pembakaran campuran dan bahan bakar
c.     Tekanan yang sama dengan pembakaran pada engine
d.    Tekanan akibat pemuaian dan penguapan bahan bakar
34.  Pernyataan mana yang benar dari “PERBANDINGAN KOMPRESI” dibawah ini

a.    Perbandingan kompresi        =  Volume silinder + volume ruang bakar
                                                            Volume ruang bakar
b.    Perbandingan kompresi        =  Volume silinder + volume ruang bakar
                                                Volume silinder             
c.     Perbandingan kompresi        =  Volume silinder
                                                    Volume ruang bakar
d.   Perbanding kompresi            =  Volume ruang bakar
                                                    Volume silinder 
35.  Apa yang dimaksud dengan “displacement/CC” dari suatu mesin
a.    Volume silinder dikalikan dengan jumlah silinder dari mesin tsb
b.    Volume silinder ditambah volume ruang bakar
c.     Volume dalam Centimetre Cubic
d.    Volume silinder
36.  Apa yang dimaksud dengan DOHC, 16 valve  untuk mesin 4 silinder
a.    Penggerak katup dengan camshaft di kepala silinder, 1 katup isap dan 1 katup buang.
b.    Penggerak katup dengan camshaft di kepala silinder, 8 katup isap dan 8 katup buang.
c.     Penggerak katup dengan 2 camshaft di kepala silinder, 8 katup isap dan 8 katup buang.
d.    Penggerak katup dengan 2 camsahft di kepala silinder , 16 katup isap dan 16 katup buang.
37.  Dibawah ini merupakan fungsi dari camshaft
a.    Merubah gerakan lurus torak menjadi gerak putar dengan perantaraan batang torak.
b.    Sebagai pengerak distributor, pompa bensin dan katup
c.     Pemindah tenaga dari poros engkol ke water pump
d.    Pernyataan  A dan C benar
38.  Fungsi crankshaft adalah
a.    Merubah gerakan lurus torak menjadi gerak putar dengan perantaraan batang torak.
b.    Sebagai dudukan metal jalan dan metal duduk
c.     Membuka dan menutup katup sesuai dengan diagram katup
d.    Semua pernyataan diatas salah
39.  Fungsi piston adalah
a.    Menghisap, mengkompresi gas baru, menerima tekanan pembakaran dan mendorong gas sisa pembakaran.
b.    Mengubah tekanan hasil pembakaran menjadi gaya dorong pada batang torak yang diteruskan ke crankshaft.
c.     Membantu pencampuran bahan bakar dan udara didalam silinder.
d.    Semua pernyataan diatas benar

6 comments:

  1. ridwan 1 d 2b 3a 4d 5e 6b 7b 8c 9b 12a 13a 14c 15e 16c 17b 18a 19a 20d 21e 22a 23e 24a 25a 26a 27d 28a 29c 30d 31d 32d 33b 34b 35d 36 c37a 38a 39a

    ReplyDelete
  2. dina 1 d 2b 3a 4d 5e 6b 7b 8c 9b 12a 13a 14c 15e 16c 17b 18a 19a 20d 21e 22a 23e 24a 25a 26a 27d 28a 29c 30d 31d 32d 33b 34b 35d 36 c37a 38a 39a

    ReplyDelete
  3. firnanda 1 d 2b 3a 4d 5e 6b 7b 8c 9b 12a 13a 14c 15e 16c 17b 18a 19a 20d 21e 22a 23e 24a 25a 26a 27d 28a 29c 30d 31d 32d 33b 34b 35d 36 c37a 38a 39a

    ReplyDelete
  4. kokom 1 d 2b 3a 4d 5e 6b 7b 8c 9b 12a 13a 14c 15e 16c 17b 18a 19a 20d 21e 22a 23e 24a 25a 26a 27d 28a 29c 30d 31d 32d 33b 34b 35d 36 c37a 38a 39a

    ReplyDelete
  5. komariah 1 d 2b 3a 4d 5e 6b 7b 8c 9b 12a 13a 14c 15e 16c 17b 18a 19a 20d 21e 22a 23e 24a 25a 26a 27d 28a 29c 30d 31d 32d 33b 34b 35d 36 c37a 38a 39a

    ReplyDelete