DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
TRY OUT UJIAN NASIONAL TEORI KEJURUAN
LEMBAR SOAL
Sekolah :
SMK MALAKA Jakarta
Program Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Hari / Tanggal : ......................................
Waktu : 08.00 – 10.00 (120 Menit)
PETUNJUK UMUM
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian pada lembar
jawaban yang disediakan !
2. Periksa dan baca soal-soal sebelum anda menjawabnya
3. Jumlah soal sebanyak 40 pilihan ganda setiap butir soal
terdiri dari 5 (lima) pilhan jawaban dan terdiri dari 5 (lima) soal essay
4. Laporkan kepada pengawas ujian kalau terdapat tulisan
yang kurang jelas rusak atau jumlah soal kurang.
5. Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian kalau
diperlukan.
6. Periksa kembali pekerjaan anda sebelum diserahkan kembali kepada pengawas ujian.
7. Tidak diizinkan membawa buku atau catatan dalam bentuk
apapun
Pilihlah salah
satu jawaban dibawah ini yang dianggap benar!
1. Pada sistem pengapian elektonik yang berfungsi
menghubungkan dan memutuskan arus listrik ke kumparan primer coil adalah:
A. Contact
Point D.
Transistor
B. Condensor E. Resistor
C. Distributor
2. Jika celah platina terlalu
sempit maka akan menimbulkan besarnya api berkurang karena:
A.
celah platina sempit kemagnetan coil hilang sehingga
api kecil
B.
celah platina sempit kemagnetan coil lama sehingga coil
panas api kecil
C.
celah platina sempit arus mengalir kecil sehingga api
kecil
D.
celah platina sempit kemagnetan coil terlalu kecil
E.
celah platina sempit platina tidak membuka
3. Fungsi
ekternal resistor pada sistem pengapian adalah
A.
Menghambat arus listrik ke busi
B.
Menahan aliran tegangan tinggi
C.
Menstabilkan arus masuk ke coil sekunder pada saat
putaran tinggi
D.
Mengurangi kemagnetan pada coil sekunder pada saat
platina membuk
E.
Mengurangi penurunan tegangan kumparan coil primer pada
putaran tinggi
4. Penurunan
tegangan pada saat start terjadi disebabkan oleh
A.
Tegangan lebih banyak masuk ke coil primer
B.
Tegangan lebih banyak masuk ke kumparan sekunder
C.
Tegangan lebih banyak masuk ke distributor
D.
Tegangan lebih banyak masuk ke motor starter
E.
Tegangan lebih banyak masuk ke solenoid
5. Fungsi kondensor
adalah sebagai berikut, kecuali :
A.
Menghilangkan atau mencegah
terjadi loncatan bunga api listrik pada permukaan platina
B.
Menghilangkan atau mencegah terjadi loncatan bunga api listrik
pada permukaan platina ketika platina menutup
C.
Mempercepat menghilangnya tegangan induksi kumparan primer dengan
cara menyerap arus induksi tersebut
D.
Menghilangkan atau mencegah terjadi loncatan bunga api listrik
pada permukaan platina ketika platina terbuka
E.
Menghasilkan tegangan tinggi pada busi
6. Rangkaian seri mempunyai karakteristik :
A.
Tahanan total selalu lebih kecil dari tahanan yang terkecil
B.
Arus total merupakan penjumlahan dari arus yang melewati tiap-tiap
tahanan
C.
Arus yang mengalir pada tiap-tiap tahanan sama
D.
Tegangan sumber adalah hasil pengalian tegangan-tegangan jatuh
E.
Tegangan pada rangkaian seri sama besar pada setiap titik
rangkaian
7. Berapa daya listrik yang diperlukan jika
bersarnya tahanan lampu 6Ω dan arus yang
mengalir pada rangkaian sebesar 3A ?
A.
48 W
B.
54 W
C.
18 W
D.
36 W
E.
12 W
8. Terminal
50 pada solenoid motor starter dihubungkan ke:
A.
IG kunci kontak
B.
Sekring
C.
ST Kunci kontak
D.
Terminal 30
E.
ACC kunci kontak
9. Kumparan yang ada pada solenoid adalah:
A.
kumparan primer dan sekunder
B.
Pull in coil dan hold in coil
C.
Pull in coil dan solenoid
D.
Hold in coil dan primer
E.
Pull in coil dan sekunder
12. Data
spesifikasi ban 195/70 HR 14. angka 195 diatas adalah:
A. Lebar ban
D. Lebar pelek/rim
B. Tinggi ban
E. Ban radial
C. Ban Radial
13. Fungsi
dari main switch pada motor starter adalah
A.
memutarkan motor
B.
membangkitkan magnet di solenoid
C.
menghubungkan terminal C dengan terminal 30
D.
menghubungkan terimnal 50 dengan kunci kontak
E.
menghubungkan terminal C dengan armature
14. Bagian
yang mengasilkan magnet pada unit motor starter sehingga memutarkan armature
adalah:
A.
solenoid
B.
pull in coil
C.
hold in coil
D.
field coil
E.
armature coil
15. Untuk
mencegah agar putaran armature tidak berlebihan ketika mesin sudah hidup maka
pada starter dilengkapi dengan:
A.
drive lever
B.
solenoid
C.
field coil
D.
armature coil
E.
over running cluth
16. Brush
atau sikat berfungsi untuk..............
A.
menhubungkan arus listrik ke contact point
B.
menghubungkan arus listrik ke terminal C dan terminal
50
C.
Mengalirkan arus listrik dari field coil ke armature ke
massa
D.
Mengalirkan arus dari armature ke field coil ke
terminal C
E.
Mengalirkan arus listrik ke solenoid
17. Pada
motor starter reduksi antara pinion gear dan drive gear dihubungkan dengan:
A.
pinion gear
B.
cluth gear
C.
ring gear
D.
idle gear
E.
sun gear
18. Pada
saat melakukan pemeriksan armature maka untuk mengetahui kondisi armatuer coil
masih bagus maka probe (+) dan (-) AVO meter dihubungkan
antara:
A.
Komutator dengan bodi ada hubungan
B.
Komutator dengan bodi tidak ada hubungan antara
komutator tidak ada
C.
Komutator dengan bodi ada hubungan dan anatara komtator
tidak ada
D.
Komutator dengan bodi tidak berhubungan antar komutator
berhubungan
E.
Komutator dan bodi tidak ada hubungan semua
19. Fungsi
dari pinion gear pada motor starter adalah:
A.
memutarkan armature
B.
memutarkan ring gear
C.
memagnetkan armature
D.
memagnetkan solenoid
E.
menggerakkan drive lever
20. Pada
saat menguji solenoid motor starter ternyata plunger tidak bergerak sama
sekali, maka kemungkinan penyebab utamanya adalah:
A.
keruskan pada kontak plate
B.
hold in coil rusak
C.
pull in coil rusak
D.
terminal C rusak
E.
kerusakan drive lever
21.
Cara kerja thermostat saat temperatur dingin adalah :
A.
Thermostat tertutup aliran air menuju radiator terputus
B.
Thermostat tertutup aliran air menuju mesin terputus
C.
Thermostat tertutup aliran air menuju radiator terbuka
D.
Thermostat tertutup aliran air mesin terbuka
E.
Thermostat tertutup aliran air menuju reservoir
22. Keuntungan IC Regulator dibandingkan dengan Regulator tipe
kontak point adalah sebagai berikut :
A.
Tahan terhadap getaran dan tahan lama
B.
Tegangan output lebih stabil
C.
Tegangan output lebih besar
D.
Tahanan kumparan rotor lebih kecil sehingga arus dapat diperbesar
E.
Tahanan kumparan rotor
23. Pada saat kita menggeser kunci kontact “ON” dan mesin
belum hidup lampu CHG menyala, kemudian “START” dan mesin hidup, lampu CHG mati
sebagai tanda pengisian berjalan. Penyebab lampu CHG mati adalah:
A.
Tegangan Netral memagnetkan voltage relay dan mematikan
lampu
B.
Tegangan yang keluar dari baterei mematikan lampu
C.
Pada saat mesin hidup tegangan N altrenator mengisi
ACCU.
D.
Tegangan yang masuk dari alternator tidak cukup untuk
menyalakan lampu
E.
Voltage regulator kekurangan tegangan
24. Secara prinsip kerja mesin dibedakan menjadi
3 macam, antara lain
a. Mesin
2 tak, mesin 4 tak dan mesin wankel
b. Mesin diesel, mesin bensin dan mesin kaizen
c. Mesin
in line, V line dan Boxer
d. Mesin
diesel, mesin bensin dan mesin genset
25. Perbedaan
mesin yang umum digunakan jika ditinjau dari bahan bakarnya
a. Solar,
bensol dan bensin
b. Bensin,
diesel dan alkohol
c. Mesin wankel, mesin diesel dan mesin kapal
d. Solar,
bensin dan gas
26. Perbedaan mesin bensin jika dilihat dari sistem bahan
bakarnya
a. Sistem
injeksi dan sistem karburator
b. L
Jetronik, Motronik dan Ultrasonic
c. Internal
combustion dan external combustion
d. Sistem
injeksi, turbolensi dan spark
27. Dibawah
ini merupakan bentuk dan konfigurasi engine
a. Mesin
In line, V line dan DOHC
b. Mesin
In Line, Boxer
c. Mesin
In Line, V Line, boxer dan star (radial)
d. SOHC
dan DOHC
28. Pernyataan dibawah ini merupakan dasar kerja mesin 4 Tak
a. Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menghasilkan
1 kali usaha
b. Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menghasilkan
4 kali usaha
c. Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan
1 kali usaha .d. Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan
2 kali usaha
29. Pernyataan dibawah ini merupakan dasar kerja mesin 2 tak
a. Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan
2 kali usaha
b. Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menghasilkan
1 kali usaha
c. Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan
1 kali usaha
d. Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menhasilkan 4
kali usaha
30. Dibawah ini merupakan perbedaan mesin jika dilihat dari
mekanisme katup
a. Mesin dengan katup disetel dan self adjuster (HVA)
b. SOHC
dan DOHC
c. Over
Head Valve (OHV) dan side valve
d. Semua
pernyataan diatas salah
31. Keuntungan mesin yang menggunakan sistem DOHC (multi
valve)
a. Pengisian lebih baik pada putaran tinggi sehingga tenaga
dapat ditingkatkan/dipertahankan
b. Pembakaran lebih sempurna karena letak sparkplug terletak
ditengah
c. Tidak
berisik dan katup selalu bersih
d. Pernyataan
A dan C benar
32. Mengapa
tekanan kompresi pada mesin bisa terjadi
a. Karena
adanya piston dan silinder
b. Karena
adanya ruangan tertutup
c. Karena adanya langkah pengecilan ruangan tertutup
d. Semua
pernyataan diatas benar
33. Pilihlah
pernyataan tentang “tekanan kompresi” dibawah ini yang paling benar
a. Tekanan
dari hasil pengecilan volume, memperbesar suhu dan menciptakan turbolensi.
b. Tekanan yang terjadi pada mesin akibat pembakaran
campuran dan bahan bakar
c. Tekanan
yang sama dengan pembakaran pada engine
d. Tekanan akibat pemuaian dan penguapan bahan bakar
34. Pernyataan
mana yang benar dari “PERBANDINGAN KOMPRESI” dibawah ini
a. Perbandingan
kompresi = Volume silinder + volume ruang bakar
Volume
ruang bakar
b. Perbandingan
kompresi = Volume silinder + volume ruang bakar
Volume
silinder
c. Perbandingan
kompresi = Volume silinder
Volume ruang bakar
d. Perbanding kompresi = Volume ruang
bakar
Volume silinder
35. Apa
yang dimaksud dengan “displacement/CC” dari suatu mesin
a. Volume
silinder dikalikan dengan jumlah silinder dari mesin tsb
b. Volume
silinder ditambah volume ruang bakar
c. Volume
dalam Centimetre Cubic
d. Volume
silinder
36. Apa
yang dimaksud dengan DOHC, 16 valve
untuk mesin 4 silinder
a. Penggerak
katup dengan camshaft di kepala silinder, 1 katup isap dan 1 katup buang.
b. Penggerak
katup dengan camshaft di kepala silinder, 8 katup isap dan 8 katup buang.
c. Penggerak
katup dengan 2 camshaft di kepala silinder, 8 katup isap dan 8 katup buang.
d. Penggerak
katup dengan 2 camsahft di kepala silinder , 16 katup isap dan 16 katup buang.
37. Dibawah ini merupakan fungsi dari camshaft
a. Merubah gerakan lurus torak menjadi gerak putar dengan
perantaraan batang torak.
b. Sebagai pengerak distributor, pompa bensin dan katup
c. Pemindah tenaga dari poros engkol ke water pump
d. Pernyataan A dan C benar
38. Fungsi
crankshaft adalah
a. Merubah gerakan lurus torak menjadi gerak putar dengan
perantaraan batang torak.
b. Sebagai dudukan metal jalan dan metal duduk
c. Membuka dan menutup katup sesuai dengan diagram katup
d.
Semua pernyataan diatas salah
39. Fungsi
piston adalah
a. Menghisap, mengkompresi gas baru, menerima tekanan
pembakaran dan mendorong gas sisa pembakaran.
b. Mengubah tekanan hasil pembakaran menjadi gaya dorong
pada batang torak yang diteruskan ke crankshaft.
c. Membantu pencampuran bahan bakar dan udara didalam
silinder.
d.
Semua pernyataan diatas benar
1, a 2b 3c
ReplyDeleteridwan 1 d 2b 3a 4d 5e 6b 7b 8c 9b 12a 13a 14c 15e 16c 17b 18a 19a 20d 21e 22a 23e 24a 25a 26a 27d 28a 29c 30d 31d 32d 33b 34b 35d 36 c37a 38a 39a
ReplyDeletedina 1 d 2b 3a 4d 5e 6b 7b 8c 9b 12a 13a 14c 15e 16c 17b 18a 19a 20d 21e 22a 23e 24a 25a 26a 27d 28a 29c 30d 31d 32d 33b 34b 35d 36 c37a 38a 39a
ReplyDeletefirnanda 1 d 2b 3a 4d 5e 6b 7b 8c 9b 12a 13a 14c 15e 16c 17b 18a 19a 20d 21e 22a 23e 24a 25a 26a 27d 28a 29c 30d 31d 32d 33b 34b 35d 36 c37a 38a 39a
ReplyDeletekokom 1 d 2b 3a 4d 5e 6b 7b 8c 9b 12a 13a 14c 15e 16c 17b 18a 19a 20d 21e 22a 23e 24a 25a 26a 27d 28a 29c 30d 31d 32d 33b 34b 35d 36 c37a 38a 39a
ReplyDeletekomariah 1 d 2b 3a 4d 5e 6b 7b 8c 9b 12a 13a 14c 15e 16c 17b 18a 19a 20d 21e 22a 23e 24a 25a 26a 27d 28a 29c 30d 31d 32d 33b 34b 35d 36 c37a 38a 39a
ReplyDelete