DEPARTEMEN
PENDIDIKAN NASIONAL
TRY OUT UJIAN NASIONAL TEORI KEJURUAN
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
LEMBAR SOAL
Mata
Diklat : MOTOR OTOMOTIF
Sekolah :
SMK MALAKA Jakarta
Program Keahlian : TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF
Hari / Tanggal : ......................................
Waktu : 08.00 – 10.00 (120 Menit)
PETUNJUK UMUM
1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian pada lembar
jawaban yang disediakan !
2. Periksa dan baca soal-soal sebelum anda menjawabnya
3. Jumlah soal sebanyak 40 pilihan ganda setiap butir soal
terdiri dari 5 (lima) pilhan jawaban dan terdiri dari 5 (lima) soal essay
4. Laporkan kepada pengawas ujian kalau terdapat tulisan
yang kurang jelas rusak atau jumlah soal kurang.
5. Mintalah kertas buram kepada pengawas ujian kalau
diperlukan.
6. Periksa kembali pekerjaan anda sebelum diserahkan kembali kepada pengawas ujian.
7. Tidak diizinkan membawa buku atau catatan dalam bentuk
apapun
Pilihlah salah
satu jawaban dibawah ini yang dianggap benar!
1. Secara prinsip kerja mesin dibedakan menjadi
3 macam, antara lain
a. Mesin
2 tak, mesin 4 tak dan mesin wankel
b. Mesin diesel, mesin bensin dan mesin kaizen
c. Mesin
in line, V line dan Boxer
d. Mesin
diesel, mesin bensin dan mesin genset
2. Perbedaan
mesin yang umum digunakan jika ditinjau dari bahan bakarnya
a. Solar,
bensol dan bensin
b. Bensin,
diesel dan alkohol
c. Mesin wankel, mesin diesel dan mesin kapal
d. Solar,
bensin dan gas
3. Perbedaan mesin bensin jika dilihat dari sistem bahan
bakarnya
a. Sistem
injeksi dan sistem karburator
b. L
Jetronik, Motronik dan Ultrasonic
c. Internal
combustion dan external combustion
d. Sistem
injeksi, turbolensi dan spark
4. Dibawah
ini merupakan bentuk dan konfigurasi engine
a. Mesin
In line, V line dan DOHC
b. Mesin
In Line, Boxer
c. Mesin
In Line, V Line, boxer dan star (radial)
d. SOHC
dan DOHC
5. Pernyataan dibawah ini merupakan dasar kerja mesin 4 Tak
a. Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menghasilkan
1 kali usaha
b. Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menghasilkan
4 kali usaha
c. Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan
1 kali usaha .
d. Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan
2 kali usaha
6. Pernyataan dibawah ini merupakan dasar kerja mesin 2 tak
a. Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan
2 kali usaha
b. Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menghasilkan
1 kali usaha
c. Mesin yang setiap 1 kali putaran crankshaft menghasilkan
1 kali usaha
d. Mesin yang setiap 2 kali putaran crankshaft menhasilkan 4
kali usaha
7. Dibawah ini merupakan perbedaan mesin jika dilihat dari
mekanisme katup
a. Mesin dengan katup disetel dan self adjuster (HVA)
b. SOHC
dan DOHC
c. Over
Head Valve (OHV) dan side valve
d. Semua
pernyataan diatas salah
8. Keuntungan mesin yang menggunakan sistem DOHC (multi
valve)
a. Pengisian lebih baik pada putaran tinggi sehingga tenaga
dapat ditingkatkan/dipertahankan
b. Pembakaran lebih sempurna karena letak sparkplug terletak
ditengah
c. Tidak
berisik dan katup selalu bersih
d. Pernyataan
A dan C benar
9. Mengapa
tekanan kompresi pada mesin bisa terjadi
a. Karena
adanya piston dan silinder
b. Karena
adanya ruangan tertutup
c. Karena adanya langkah pengecilan ruangan tertutup
d. Semua
pernyataan diatas benar
10. Pilihlah
pernyataan tentang “tekanan kompresi” dibawah ini yang paling benar
a. Tekanan
dari hasil pengecilan volume, memperbesar suhu dan menciptakan turbolensi.
b. Tekanan yang terjadi pada mesin akibat pembakaran
campuran dan bahan bakar
c. Tekanan
yang sama dengan pembakaran pada engine
d. Tekanan akibat pemuaian dan penguapan bahan bakar
ada kunci jawabannya ga gan?
ReplyDeleteNo 36
ReplyDelete